Pemasaran Produk Perikanan Berbasis Digital pada Masyarakat Nelayan di Desa Oluhuta Kabupaten Bone Bolango

Authors

  • Rahmatiah Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Ridwan Ibrahim Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Yundrawaty Adam Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Wira Pratama Rumanbi Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Sahrain Bumulo Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37905/sjppm.v2i3.380

Keywords:

pemasaran digital, media sosial, UMKM, nelayan Desa Oluhuta, pemberdayaan masyarakat

Abstract

Desa Oluhuta, yang terletak di Kabupaten Bone Bolango, menghadapi tantangan dalam pemasaran produk perikanan akibat keterbatasan akses pasar dan ketergantungan pada tengkulak, yang menyebabkan rendahnya margin keuntungan bagi nelayan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat nelayan, khususnya pelaku UMKM, dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk olahan hasil tangkapan laut seperti acar ikan dan abon ikan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi pemberian materi dan praktek langsung dalam pembuatan platform digital berbasis media sosial seperti TikTok dan Facebook. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan keterampilan digital masyarakat dalam merancang dan mengelola akun bisnis, serta mempromosikan produk secara mandiri melalui platform digital. Kegiatan ini juga menghasilkan platform digital berbasis media sosial yang dapat digunakan berkelanjutan oleh masyarakat desa, dengan Facebook digunakan sebagai alat informasi dan katalog produk, serta TikTok untuk promosi visual berbasis video. Keberhasilan program ini juga tercermin dalam terbentuknya pemahaman yang lebih dalam mengenai pemasaran digital di kalangan pelaku UMKM desa, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing produk mereka di pasar lebih luas. Meskipun terdapat kendala terkait kehadiran sebagian peserta karena musim bertani, solusi yang diusulkan, seperti penjadwalan yang lebih fleksibel dan penggunaan materi pelatihan dalam bentuk video, dapat memperluas jangkauan program di masa depan. Kesimpulannya, program ini tidak hanya memberikan dampak jangka panjang dengan keberlanjutan platform digital yang telah dibangun, tetapi juga memberikan model pemberdayaan yang dapat diterapkan di desa pesisir lainnya sebagai bagian dari transformasi digital yang lebih luas.

References

Aprilia, L., Candraningrum, D. A., & Pandrianto, N. (2019). Strategi content marketing untuk membangun brand awareness (Studi kasus video aftermovie Djakarta Warehouse Project). Prologia, 3(1), 177. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6236

Dave, N., & John, S. (2025). Digital marketing – A review of the trends in industry and constantly changing dynamics. Journal of Informatics Education and Research, 5(2), 2666–2679. https://jier.org/index.php/journal/article/view/2731

Homaidi, A. (2017). Analisis perancangan e-commerce untuk pemasaran olahan hasil perikanan. Jurnal AiTech, 3(1), 1–8.

Juanita, J., Mulia, D. S., Wibowo, H., & Eka, K. I. (2024). Pendampingan digital marketing produk perikanan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah. Jurnal Pengabdian Teknik dan Sains, 4(2), 9–15. https://doi.org/10.30595/jpts.v4i2.22051

Kraus, S., Durst, S., Ferreira, J. J., Veiga, P., Kailer, N., & Weinmann, A. (2022). Digital transformation in business and management research: An overview of the current status quo. International Journal of Information Management, 63, 102466. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102466

Kumari, N. (2024). A study on digital marketing and its components. International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR), 6(2), 1–4. https://www.ijfmr.com/IJFMR240214974

Nurhayati, A., Riyantini, I., Nurruhwati, I., & Aisah, I. (2021). Tingkat pengetahuan media sosial pelaku usaha perikanan di tengah pandemik COVID-19. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 16(2), 271–283. https://doi.org/10.15578/jsekp.v16i2.8981

Pratama Yudha, I. P. W. C., Suarjaya, I. M. A. D., & Raharja, I. M. S. (2020). Rancang bangun marketplace pemesanan jasa dokumentasi foto dan video pernikahan berbasis web. Techno.Com, 19(4), 468–480. https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3947

Ramadhanti, G.C.K., Nurhayati, A., Hasan, Z., & Pamungkas, W. (2019). Analysis of decision to purchase abon fish tuna products through online media distribution (Case study of Bandung City). Global Science Journal, 7(10), 74–81. ISSN 2320-9186

Saputri, N. A., & Mawardi, F. D. (2022). Digital marketing: Pendampingan untuk meningkatkan daya saing UMKM Kota Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.22219/janayu.v3i2.21976

Shankar, V., Grewal, D., Sunder, S., Fossen, B., Peters, K., & Agarwal, A. (2022). Digital marketing communication in global marketplaces: A review of extant research, future directions, and potential approaches. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 541–565. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.005

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk dan potensi Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN Community 2015. (Studi social media marketing pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), ISSN 1907-898X.

Velia, V., & Candraningrum, D. A. (2019). Pengaruh viral marketing video promosi Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen bakso goreng iONG. Prologia, 3(2), 358. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6358

Wibisono, Y. P., Primasari, C. H., & Setiawan, D. (2021). Pendampingan dan pembuatan konten video untuk mendukung pemasaran melalui media sosial bagi UMKM fashion. Jurnal Pengabdi, 4(2), 113. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i2.45995

Downloads

Published

2025-08-25

How to Cite

Rahmatiah, R., Ibrahim, R., Adam , Y., Rumanbi , W. P., & Bumulo, S. (2025). Pemasaran Produk Perikanan Berbasis Digital pada Masyarakat Nelayan di Desa Oluhuta Kabupaten Bone Bolango. Sosiologi Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 259–267. https://doi.org/10.37905/sjppm.v2i3.380