Pemasaran Produk Perikanan Berbasis Digital pada Masyarakat Nelayan di Desa Oluhuta Kabupaten Bone Bolango
DOI:
https://doi.org/10.37905/sjppm.v2i3.380Keywords:
pemasaran digital, media sosial, UMKM, nelayan Desa Oluhuta, pemberdayaan masyarakatAbstract
Desa Oluhuta, yang terletak di Kabupaten Bone Bolango, menghadapi tantangan dalam pemasaran produk perikanan akibat keterbatasan akses pasar dan ketergantungan pada tengkulak, yang menyebabkan rendahnya margin keuntungan bagi nelayan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat nelayan, khususnya pelaku UMKM, dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk olahan hasil tangkapan laut seperti acar ikan dan abon ikan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi pemberian materi dan praktek langsung dalam pembuatan platform digital berbasis media sosial seperti TikTok dan Facebook. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan keterampilan digital masyarakat dalam merancang dan mengelola akun bisnis, serta mempromosikan produk secara mandiri melalui platform digital. Kegiatan ini juga menghasilkan platform digital berbasis media sosial yang dapat digunakan berkelanjutan oleh masyarakat desa, dengan Facebook digunakan sebagai alat informasi dan katalog produk, serta TikTok untuk promosi visual berbasis video. Keberhasilan program ini juga tercermin dalam terbentuknya pemahaman yang lebih dalam mengenai pemasaran digital di kalangan pelaku UMKM desa, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing produk mereka di pasar lebih luas. Meskipun terdapat kendala terkait kehadiran sebagian peserta karena musim bertani, solusi yang diusulkan, seperti penjadwalan yang lebih fleksibel dan penggunaan materi pelatihan dalam bentuk video, dapat memperluas jangkauan program di masa depan. Kesimpulannya, program ini tidak hanya memberikan dampak jangka panjang dengan keberlanjutan platform digital yang telah dibangun, tetapi juga memberikan model pemberdayaan yang dapat diterapkan di desa pesisir lainnya sebagai bagian dari transformasi digital yang lebih luas.
References
Aprilia, L., Candraningrum, D. A., & Pandrianto, N. (2019). Strategi content marketing untuk membangun brand awareness (Studi kasus video aftermovie Djakarta Warehouse Project). Prologia, 3(1), 177. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6236
Dave, N., & John, S. (2025). Digital marketing – A review of the trends in industry and constantly changing dynamics. Journal of Informatics Education and Research, 5(2), 2666–2679. https://jier.org/index.php/journal/article/view/2731
Homaidi, A. (2017). Analisis perancangan e-commerce untuk pemasaran olahan hasil perikanan. Jurnal AiTech, 3(1), 1–8.
Juanita, J., Mulia, D. S., Wibowo, H., & Eka, K. I. (2024). Pendampingan digital marketing produk perikanan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah. Jurnal Pengabdian Teknik dan Sains, 4(2), 9–15. https://doi.org/10.30595/jpts.v4i2.22051
Kraus, S., Durst, S., Ferreira, J. J., Veiga, P., Kailer, N., & Weinmann, A. (2022). Digital transformation in business and management research: An overview of the current status quo. International Journal of Information Management, 63, 102466. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102466
Kumari, N. (2024). A study on digital marketing and its components. International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR), 6(2), 1–4. https://www.ijfmr.com/IJFMR240214974
Nurhayati, A., Riyantini, I., Nurruhwati, I., & Aisah, I. (2021). Tingkat pengetahuan media sosial pelaku usaha perikanan di tengah pandemik COVID-19. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 16(2), 271–283. https://doi.org/10.15578/jsekp.v16i2.8981
Pratama Yudha, I. P. W. C., Suarjaya, I. M. A. D., & Raharja, I. M. S. (2020). Rancang bangun marketplace pemesanan jasa dokumentasi foto dan video pernikahan berbasis web. Techno.Com, 19(4), 468–480. https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3947
Ramadhanti, G.C.K., Nurhayati, A., Hasan, Z., & Pamungkas, W. (2019). Analysis of decision to purchase abon fish tuna products through online media distribution (Case study of Bandung City). Global Science Journal, 7(10), 74–81. ISSN 2320-9186
Saputri, N. A., & Mawardi, F. D. (2022). Digital marketing: Pendampingan untuk meningkatkan daya saing UMKM Kota Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.22219/janayu.v3i2.21976
Shankar, V., Grewal, D., Sunder, S., Fossen, B., Peters, K., & Agarwal, A. (2022). Digital marketing communication in global marketplaces: A review of extant research, future directions, and potential approaches. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 541–565. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.005
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk dan potensi Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN Community 2015. (Studi social media marketing pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), ISSN 1907-898X.
Velia, V., & Candraningrum, D. A. (2019). Pengaruh viral marketing video promosi Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen bakso goreng iONG. Prologia, 3(2), 358. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6358
Wibisono, Y. P., Primasari, C. H., & Setiawan, D. (2021). Pendampingan dan pembuatan konten video untuk mendukung pemasaran melalui media sosial bagi UMKM fashion. Jurnal Pengabdi, 4(2), 113. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i2.45995
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmatiah, Ridwan Ibrahim, Yundrawaty Adam , Wira Pratama Rumanbi , Sahrain Bumulo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




