Sosialisasi Kearifan Lokal Gorontalo dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 07 Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.37905/sjppm.v2i3.339Keywords:
pengabdian masyarakat, sosialisasi, kearifan lokal, Gorontalo, pembelajaran SejarahAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan serta menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal Gorontalo ke dalam proses pembelajaran sejarah di SMAN 07 Gorontalo. Program ini dilatarbelakangi oleh melemahnya pemahaman generasi muda terhadap budaya dan kearifan lokal yang merupakan bagian esensial dari identitas daerah. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan interaktif, penyampaian materi pembelajaran berbasis nilai-nilai lokal, serta diskusi kelompok yang melibatkan guru sejarah dan siswa sebagai mitra utama. Hasil kegiatan menunjukkan tingginya antusiasme dari pihak sekolah dan siswa terhadap materi yang disampaikan, serta munculnya kesadaran kolektif akan pentingnya pelestarian nilai-nilai tradisional melalui jalur pendidikan. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mendorong integrasi kearifan lokal ke dalam kurikulum pendidikan formal secara berkelanjutan.
References
Afiqoh, N., Atmaja, A.T., Saraswati, U. (2018). Penanaman Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Perkembangan Islam di Indonesia Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. 6(1), 42-53. https://core.ac.uk/download/201438355.pdf
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Firmansyah, H., Rahmad, S., Ikramullah, F., Kamariah, K. (2022). Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pontianak di Sekolah Menengah Atas. Journal Kewarganegaraan. 6(2). https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3526
Kaldianus, R., Sumantri, P., Darma, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Tahfizhil Quran. Islamic Education, 3(1), 20-26. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.1006
Kamal, M., Damopolii, M., Datunsolang, R. 2025. Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Seni Budaya di SDN 8 Kwandang. Jemari: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 59-67. https://doi.org/10.30599/vj5tsd54
Khodijah, K., Cahyo D, E., Suryadi. 2024. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Membentuk Karakter Anak. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 5(1), 64-82. https://doi.org/10.32332/srh8e810
Nazmi, R. 2023.Sosialisasi Pentingnya Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Minangkabau bagi Generasi Muda di Nagari Tuo Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Akademia Pustaka. file:///C:/Users/asus/Downloads/eBook%20H%20-%20Gelora%20Support%20System%20pada%20Literasi,%20Budaya%20dan%20Teknologi%20(2).pdf.
Novia, D., dkk. 2023. Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Panengen Di Sman 1 Pangandaran (Studi Kasus Di Kelas X Ipa 1 Sman 1 Pangandaran). Jurnal Artefak, 10(1), 145-158. https://jurnal.unigal.ac.id/artefak/article/view/10169/pdf.
Pramartha, I.N.B. 2022. Representasi Nilai Kearifan Lokal pada Peninggalan Sejarah di Bali Serta Potensinya sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Progrdam Studi Pendidikan Sejarah, 10(2). 223-236. https://core.ac.uk/download/pdf/539124009.pdf
Prasetyo, O., Kumalasari, D. (2021). Nilai-Nilai Tradisi Peusijuek sebagai Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 36(3), 359-365. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/1387/719
Siregar, M.A.S., Suboh, A.S. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah : Tinjauan Atas Kurikulum Merdeka. Journal Education and Learning, 5(1), 13-21. https://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/EL/article/view/1596
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Renol Hasan, Djulia Indriani A.H Mahmud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.