Efektivitas Implementasi E-Government di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Gorontalo

Authors

  • Siti Aisyah Febriani Panigoro Jurusan Administrasi Publik, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Udin Hamim Jurusan Administrasi Publik, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Fenti Prihatini Tui Jurusan Administrasi Publik, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37905/sjppm.v2i3.303

Keywords:

Administrasi Publik, efektivitas, e-government, SiCantik, pelayanan publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan e-government melalui aplikasi SiCantik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan 5 indikator efektivitas menurut Gibson, yaitu produksi, efisiensi, kepuasan, keadaptasian, dan pengembangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi SiCantik tergolong efektif. Aplikasi ini mampu meningkatkan jumlah dan jangkauan pelayanan, menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. DPMPTSP juga menunjukkan kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi melalui pelatihan pegawai dan pengembangan sistem yang berkelanjutan. Meskipun masih terdapat kendala, seperti keterbatasan akses internet dan literasi digital, secara keseluruhan transformasi layanan berjalan dengan baik. Penerapan e-government melalui aplikasi SiCantik terbukti mendukung pelayanan yang cepat, akuntabel, dan responsif, serta mencerminkan komitmen instansi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

References

Bao, B., Ayomi, H. V., Bakri, H., & Ndibau, P. (2023). Penerapan E-Government dalam Pelayanan Publik di Kota Jayapura. Journal on Education, 5(2), 4147–4157. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1113

Islamy, F. J., Yuniarsih, T., & Ahman, E. (2021). Efektivitas Organisasi Berbasis Manajemen Pengetahuan dalam Perspektif Perilaku Organisasi. Gracias Logis Kreatif.

Lenak, S. M. C., Sumampow, I., & Waworundeng, W. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Electronic Government Di Dinas Pendidikan Kota Tomohon. Usman (2004:7), 1(2), 1–10. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/viewFile/36214/33721

Mariam, M., & Kudus, I. (2022). Analisis Penerapan Electronic Government (E-Gov) Di Desa Sekarwangi Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Neo Politea, 3(2), 39–50. https://doi.org/10.53675/neopolitea.v3i2.1081

Hanipah, M., & Aryani, L. (2022). Efektivitas Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government (Simpelin) di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Sukabumi). Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 10(1), 112–128. https://doi.org/10.30656/sawala.v10i1.4619

Niam, M. F., Ruahlewang, E., Umiyati, H., Dewi, N. P. S., Atiningsih, S., Haryati, T., Magfiroh, I. S., Anggraini, R. I., Mamengko, R. P., Fathin, S., Mola, M. S. R., Syaifudin, A. A., & Wajdi, F. (2024). Metode Penelitian Kualitatif (E. Damayanti (ed.)). Widina Media Utama.

Prayoga, A. T., & Eldo, dwian hartomi akma padma. (2024). Analisis Efektivitas Pelayanan Publik Berbasis Digital Di Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung. Jurnal Politik Dan Pemerintah Daerah, 6, 291–303.

Putra, M. G., Jantu, V., Ilato, R., & Abdussamad, Z. (2023). Kualitas Pelayanan Berbasis E-Government Di Samsat Kota Gorontalo. Journal Administration and Public Service, 3(2746–4857). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjaps/index

Putri, B., & Reviandani, O. (2023). Penerapan E-Government Melalui Pelaksanaan Program KTP Digital di Kelurahan Dr. Soetomo Kota Surabaya. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 9(1). https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i1.6829

Rofahiyatin, A. (2023). Analisis Penerapan E-Government Pada Aplikasi Lapor Cepat Bupati Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kebumen. https://repositori.untidar.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13163&keywords=

Sari, D., Lampasa, Y., Muniarti, M., Nasrudin, N. (2023). Pelayanan Publik Melalui Penerapan Aplikasi Sicantik Menuju E-Government Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka Timur. Journal Publicuho, 6, 916–928. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i3.212

Yuliawati, W., Suroso, & Devi Pramudiana, I. (2023). Efektivitas Pelayanan Suroboyo Bus Melalui Aplikasi Golek Bis (GOBIS) dalam Rangka E-Government (Studi Pada UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Dinas Perhubungan Surabaya). Jurnal Mahasiswa Soetomo Administrasi Publik, 1(2), 173–178. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7157

Aturan Perundang-Undangan

Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Telematika (Telekomunikasi, Media, serta Informatika)

Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Peraturan Gubernur Provinsi Gorontalo Nomor 36 Tahun 2023 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perijinan dan Non-Perijinan oleh PTSP

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Panigoro, S. A. F., Hamim, U., & Tui, F. P. (2025). Efektivitas Implementasi E-Government di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Gorontalo. Sosiologi Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 134–147. https://doi.org/10.37905/sjppm.v2i3.303