Pemasaran Konten untuk Meningkatkan Kesadaran Merek UMKM Desa Botutonuo
DOI:
https://doi.org/10.37905/sjppkm.v1i3%20Mei.79Keywords:
Pemasaran konten, Kesadaran merek, UMKMAbstract
Dewasa ini, pelaku UMKM menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka. Mereka harus mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan usaha mereka. Salah satu faktor dominan yang berpengaruh adalah pemasaran konten. Program pengabdian kami bertujuan menjembatani pelaku UMKM di Desa Botutonuo agar memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam memasarkan produk mereka sehari-hari, dengan fokus pada tujuan berikut: memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang urgensi pemasaran konten untuk meningkatkan kesadaran merek; serta meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran konten secara kreatif dan sesuai perkembangan zaman. Peserta sasaran program pengabdian ini adalah pelaku UMKM di Desa Botutonuo. Diharapkan program ini bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi mereka untuk menghasilkan konten menarik dan meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran konten guna meningkatkan kesadaran merek usaha mereka.
References
Aqmal, I. U., & Soewarno, N. (2018). The Mediating Impact of Psychological Capital and Job Relevant Information on The Influence of Budget Participation against Job Performance. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 6(11), 1–14.
Arifiq, M. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311
Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT Madani Food, Jakarta). Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/mikm.151.77-83
Faried, F. S., Suparwi, Rahma, A. D., Hananto, P. B., Setiawan, D., & Kusumawati, L. Q. (2022). Pengenalan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Desa Kuncen. SIDOLUHUR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Times New Roman.
Gunawan, A., & Ramdani, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing pada UMKM Omah Branded. Jurnal Jumbiku, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i1.1369
Habibi, N. S., Fitrianti, R. N., Efendi, J., & Kasanova, R. (2022). Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Desa Larangan Tokol Jawa Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2275–2288. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8454
Indonesia, K. (2024). Data dan Statistik UMKM. Kadin Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia
Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123–128. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Surur, A. M., & Paramita, P. D. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Sosial Media Marketing Pada Pelaku Usaha Keripik di Desa Domas. E-Journal Al-Dzahab, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.32939/dhb.v3i1.991
Z, M., Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha UMKM Sederhana. Sutra Journal of Economic and Business, 3(2), 132–149. https://doi.org/https://doi.org/10.54297/sjeb.Vol3.Iss2.338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ikhlas Ul Aqmal, Mattoasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.