Fenomena Thrifting Fashion di Era Milenial (Studi pada Mahasiswa Pengguna Thrifting Fashion di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.37905/sjppkm.v1i3%20Mei.75Keywords:
Thrifting fashion, Gaya hidup, Mahasiswa, MilenialAbstract
Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemaknaan siswa tentang fenomena thrifting fashion di era milenial. Pendekatan ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan mahasiswa terhadap fashion thrift vintage berbeda-beda, antara lain: (1) Beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial melihatnya sebagai cara untuk tetap tampil modis sambil menghemat uang; (2) ada juga yang melihat thrifting sebagai cara untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan pakaian yang sudah ada, (3) thrifting fashion sebagai cara untuk mengekspresikan kreativitas dan gaya pribadi melalui kombinasi unik barang bekas, (4) motif ekonomi karena harga murah sesuai dengan kondisi keuangan mahasiswa, dan (5) motif gaya hidup karena pengaruh dari teman maupun media sosial yang melatarbelakangi penggunaan thrifting fashion. Faktor yang melatarbelakangi fashion thrifting saat ini adalah adanya kebutuhan umum dalam gaya hidup berpakaian; thrifting fashion sedang menjadi tren dunia, khususnya di kalangan mahasiswa. Selain itu, fashion thrifting menjadi populer karena adanya komunitas thrift yang membuat acara-acara thrift dan membangun personal branding.
References
Diana, L. (2019). Perdagangan Pakaian Bekas Impor Di Pekanbaru, Mengapa Masih Marak Terjadi? Riau Law Jurnal, 3(2). https://doi.org/DOI:10.30652/rlj.v3i2.7817
Djamada, M., Purnama, A. O. D. A. A., Husnan, M. I., & Ibrahim, M. (2024). Persepsi Masyarakat Terhadap Pergaulan Bebas Masa Mominango di Bolangitang Barat, Bolaang Mangondow Utara. Dynamics Of Rural Society Journal, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37905/drsj.v2i1.44
Hasibuan, I. M., Erianto, R., & Batubara, C. (2024). Deterrminan Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Impor: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Sumatera Utara. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i2.4386
Peraturan Mentri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2015 Tentang Larangan Impor Pakaian Bebas, Pub. L. No. 7 (2015). https://peraturan.bpk.go.id/Details/128974/permendag-no-51m-dagper72015-tahun-2015
Lady, D. (2019). KOnsep Diri Pengguna Fashion Branded Preloved (Studi Kualitatif Konsep Diri Pengguna Fashion Branded Preloved di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU). Universitas Sumatera Utara Medan.
Maulidah, F., & Russanti, I. (2021). Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Pakaian Bekas. Jurnal Online Tata Busana, 10(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jotb.v10n3.p62-68
Oktawiningsih, E. (2023). Fenomena Thrifting terhadap Gaya Hidup Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2).
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995, Pub. L. No. 10 (1995). https://peraturan.bpk.go.id/Details/46201/uu-no-10-tahun-1995
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Pub. L. No. 8 (1999).
Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 Tentang Kawasan Ekonomi Khusus, Pub. L. No. 39 (2009). https://peraturan.bpk.go.id/Details/54483/uu-no-39-tahun-2009
Prihandani, R. (2016). Fenomena Online Shop Di Instgram (Studi Fenomenologi Online Shop Pada Konsumen Di Instgram). Universitas Pasundan.
Putri, A. A. M. S., & Patria, A. S. (2022). Perancangan Referensi Gaya Berpakaian Thirifting Melalui Feed Instagram. Jurnal Barik, 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/46710
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dalam Penelitian). C.V ANDI OFFEST.
Shinta, D. (2022). Merekonstruksi Makna Thirifting Sebagai Trend Fashion (Studi Kasus: Mahasiswa FISIP UIN Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Stefani Putri Rizky, M. (2012). Pakaian Sebagai Komunikasi (Pemakaian Baju Bekas Impor Sebagai Media Untuk Mengkomunikasikan Identitas Sosial). Universitas Kristen Satya Wacana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridwan Ibrahim, Rahmatiah, Sahrain Bumulo, Selvin Apajulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.