Pengabdian kepada masyarakat untuk UMKM: Mengembangkan usaha Ghani Cookies di Gorontalo

Authors

  • Muh. Nabiel Bilondatu Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Sahrain Bumulo Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Zein Suleman Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Nadia Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Winda Hermanto Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia
  • Salma Paranggi Jurusan Sosiologi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37905/sjppm.v1i4.275

Keywords:

UMKM, digital marketing, Ghani Cookies, pengabdian masyarakat, Gorontalo

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan vital dalam perekonomian Indonesia, namun sering menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan modal, akses pasar, dan kesulitan dalam mengadopsi teknologi digital. Pandemi COVID-19 semakin memperburuk kondisi ini, memaksa banyak UMKM untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tetap bertahan. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu pengembangan usaha Ghani Cookies di Gorontalo, dengan memberikan pendampingan dalam proses produksi serta pemanfaatan digital marketing untuk memperluas pasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif, melibatkan wawancara langsung dengan pemilik usaha dan pendampingan pada setiap tahap produksi, mulai dari pemilihan bahan baku, pembuatan adonan, hingga pengemasan produk. Selain itu, pelatihan pemasaran digital diberikan untuk membantu Ghani Cookies dalam memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa melalui pendampingan ini, Ghani Cookies dapat meningkatkan efisiensi produksi dan memperluas pasar dengan menggunakan teknologi digital. Meskipun harga jual produk lebih rendah dibandingkan pesaing, kualitas tetap terjaga dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Kesimpulannya, UMKM seperti Ghani Cookies dapat berkembang dengan dukungan dalam peningkatan kualitas produksi dan penerapan pemasaran digital untuk memperkuat ketahanan ekonomi lokal.

References

Azmi, K. (2023). Analysis strategi pemasaran produk UKM Pina Furniture Bypass Lubeg Padang. Journal of Student Research, 1(1), 350–355.

Fauziah, N. A., Ala’aldin, J., Reihan, M., Hariyono, F. M., Hidayatullah, R. A., & Wahyudi, K. E. (2023). Upaya peningkatan pendapatan UMKM kue kering melalui branding kemasan dan pemanfaatan digital marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 60–64.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E-commerce 2016: Business. Technology. Society. Pearson Education.

Lestari, I. D., & Wardani, L. D. P. (2022). Pengembangan UMKM Kue melalui digital marketing pada era pandemi Covid-19 Desa Grajagan. Abdimasku, 5(2), 274–283.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Wiguna, D. K. S. (2020). Selama pandemi Covid-19, sebanyak 301.115 UMKM beralih ke digital. Antaranews. https://www.antaranews.com/berita/1563584/selamapandemi-covid-19-sebanyak-301115-umkm-beralih-ke-digital (accessed on September 17, 2021).

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Bilondatu, M. N., Bumulo, S., Suleman, Z., Nadia, Hermanto, W., & Paranggi, S. (2024). Pengabdian kepada masyarakat untuk UMKM: Mengembangkan usaha Ghani Cookies di Gorontalo. Sosiologi Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 277–284. https://doi.org/10.37905/sjppm.v1i4.275